Islam dan lingkungan hidup

NAMA:FENI ARISA
NPM:1931090086
TUGAS ISLAM DAN LINGKUNGAN HIDUP

Assalamulaikum warahmatullohi wabarokatuh.

Disini saya membuat artikel tentang” eksistensi tumbuhan dan pepohonan”.Salah satu anugrah terbesar yang diberikan allah kepada manusia adalah menjadikan bumi ini sipa di huni dengan kesatuan ekosistem yang ada di dalamnya.

Dijelaskan apresiasi tetumbuhan dan pepohonan yang bgitu tinggi mengingat peran yang sangat besar bagi keberlangsungan kehidupan di muka bumi di dalam al-quran banyak di temukan kata atau istilah yang terkait dengan tetumbuhan dan pepohonan,seperti bagian-bagiannya;akar,dahan,batang,ranting-ranting,dsb semisal cotoh tumbuhan jahe,kunyit,sere dan temu lawak. siapa sangka penelitian menyampaikan ternyata penangkal corona atau berbagai macam virus tumbuhan ini diyakini mengandung zat curcumin yang membantu menguatkan daya tahan tubuh
Bagi iluwa muslim modern,pemaparan tumbuhan dan pohon sedemikian rupa memberikan inspirasi untuk membuktikan kebenaran informasi tersebut di tinjau dari ilmu pengetahuan modern.al-quran mengajak nalar dan hati manusia untuk mengakui keesaan dan kekuasaan allah. proses terjadinya tumbuhan tumbuhan yang ada di sekitar mereka dan selalu di saksikan sangatlah menakjubkan jika di perhatikan dengan seksama,mulai proses awal sampai akhirnya menghasilkan buah-buahan dengan aneka rasa.terdapat dalam surah al-an`am/6:99; yang artinya

Dan dialah yang menurunkan air dari langit,lalu kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan,maka kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itutanaman yang menghijau,kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butiran yang banyak;dan dari mayang kurma,mengurangi tangkai-tangkai yang menjulai,dan kebun-kebun anggur,dan (kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa. perhatikanlah buahnya pada waktu berbuah,dan menjadi masak,sungguh,pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan allloh) bagi orang-orang yang beriman . pada manusia,sumber makanan berasal dari tumbuhan dan juga dari binatang sumber yang berasal dari tumbuhan di sebut sumber nabati sedangkan dari binatang disebut sumber hewani . tumbuhan menjadi salah satu sumber utama dalam proses pencegahan dan pengobatan terhadap berbagai penyakit.tumbuhan dapat memproduksi oksigen karena sel tumbuhan,tidak sebagaimana sel manusia dan binatang,dapat menggunakan secara langsung energi matahari.

Fotosintesis adalah suatu proses biokimia yang dilakukan  tumbuhan,alga,dan beberapa jenis bakteri untuk memproduksi energi terpakai (nutrisi) dengan memanfaatkan energi cahaya. inilah yang memberi warna hijau pada tumbuhan. kloropil terdapat dalam organel yang disebut krloroplas. kloropil menyerap cahaya yang akan digunakan dalam fotosentesis.
Alloh swt. berkehendak menjadikan planet bumi ini sebagai tempat tinggal bagi manusia dan menjadikannya sebagai khalifah yang memakmurkannya sebagai ketentuan yang telah di tetapkannya.

 Islam melindungi tanaman dari kekuasaan yang dilakukan oleh manusia dan binatang. bila binatang peliharaan seseorang merusak tanaman orang lain dimalam hari,menurut kitab fikih ia harus mengganti nya karena islam menjaga hak tumbuhan untuk ditanam dan menjadikannya sebagai bentuk ibadah mendekatkan diri kepada alloh swt.

Dalam haditsnya rosululloh saw bersabda

“bila seorang muslim menanam tumbuhan lalu dimakan oleh burung atau manusia atau hewan maka itu terhitung sebagai sedekah orang tersebut (riwayat al-bukhari dari annas).

Semoga artikel ini beramanfaat untuk kita semua,kurang lebihnya saya mohon maaf karena kesempurnaan hanya milik alloh SWT sekian yang bisa saya sampaikan dalam artikel ini saya ucapkan Terima Kasih.

Wassalamualaikum warahmatullohi wabarakotuh

Komentar